Term Of Use: Konten yang ada dalam situs resmi MAN 3 HSS (MAN Negara) ini boleh dicopy/disalin, dicetak dan didistribusikan untuk tujuan non komersial. MAN 3 HSS (MAN Negara) tidak bertanggung jawab terhadap konten yang disadur pada laman ini yang telah dimodifikasi isi, gambar dan sebagainya yang kemudian disebarkan secara publik sehingga berakibat hukum. Terima Kasih atas kunjungan Anda.

RAIMUNA CABANG KE- X (SEPULUH) DISELENGGARAKAN OLEH KWARTIR GERAKAN PRAMUKA KAB. HULU SUNGAI SELATAN


Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. 

Raimuna di tingkat Kwartir Cabang (kabupaten atau kota) disebut Raimuna Cabang atau biasa disingkat dengan Raicab. Raimuna Cabang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yang terdapat dalam wilayah Kwartir Cabang (kota) tersebut seperti yang dilaksanakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada tanggal 24 s/d 27 Mei 2012 di Bumi Perkemahan Hamak Kec. Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang diikuti 11 Penegak Putra dan 9 Penegak Putri yang terdiri dari MA/SMA/SMK di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Raimuna adalah kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, yang bersumber pada nilai-nilai:
  1. Filsafat Pancasila dan agama;
  2. jiwa perjuangan 1945;
  3. persahabatan dan kekeluargaan;
  4. perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi;
  5. seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup;
  6. keamanan dan ketertiban masyarakat;
  7. adat-istiadat dan tata susila;
  8. kepemimpinan dan kewirausahaan.
Kegiatan dalam raimuna itu perlu juga disesuaikan dengan aspirasi pemuda-pemudi Indonesia pada umumnya, minat, kebutuhan, dan kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Maka, dalam raimuna supaya diadakan acara kegiatan bakti kepada masyarakat yang sifatnya tidak lebih luas daripada kegiatan Perkemahan Wirakarya. Kegiatan-kegiatan dalam raimuna dititik beratkan pada peningkatan kemantaban mental, fisik, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Selain itu, Kegiatan Raimuna Cabang ke-X juga diisi dengan berbagai macam keterampilan dalam bentuk lomba Hasta Karya untuk membentuk kreativitas yang tinggi bagi anggota pramuka.

Kwartir Gerakan Pramuka Penegak MAN Negara Kab. Hulu Sungai Selatan pulang dengan membawa beberapa penghargaan dari kegiatan tersebut, diantaranya:

Juara  I   : Pidato Putera
Juara  I   : Pidato Puteri
Juara  II  : Layang-layang Hias
Juara  II  : Recycle Hias Putera
Juara  II  : Recycle Hias Puteri

Selain itu ada 2 penghargaan lagi dan secara keseluruhan Gerakan Pramuka Penegak MAN Negara memperoleh predikat Juara Umum II dalam kegiatan Raimuna Cabang ke-X  Gerakan Pramuka se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


Galery Beberapa Penghargaan yang mereka bawa pulang





Kami segenap Kepala, Dewan Guru, Staf dan Karyawan MAN Negara Kab. HSS memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para siswa-siswi kami yang mengharumkan nama Madrasah ini dalam kegiatan Raimuna tersebut. Dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya pula kepada Panitia Penyelenggara yang sukses menyelenggarakan kegiatan Raimuna Cabang ke- X Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Bumi Perkemahan Hamak Kec. Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


(red: salahuddin)

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda