Term Of Use: Konten yang ada dalam situs resmi MAN 3 HSS (MAN Negara) ini boleh dicopy/disalin, dicetak dan didistribusikan untuk tujuan non komersial. MAN 3 HSS (MAN Negara) tidak bertanggung jawab terhadap konten yang disadur pada laman ini yang telah dimodifikasi isi, gambar dan sebagainya yang kemudian disebarkan secara publik sehingga berakibat hukum. Terima Kasih atas kunjungan Anda.

100 persen Lulus, Siswa MAN Negara Kembali Peringkat 1 UN

Negara – MAN Negara, Siswa kelas XII MAN Negara Kab. Hulu Sungai Selatan yang telah mengikuti ujian nasional berjumlah 174 orang yang terdiri dari 63 pria dan 111 wanita. Sedangkan jumlah siswa-siswi MAN Negara secara keseluruhan berjumlah 558 orang yang terbagi dalam 15 ruang belajar. “Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mengelola siswa sebanyak itu dengan kondisi ruang belajar yang terbatas dan sarana-prasarana serba sederhana,” ujar Saifuddin, selaku Kepala MAN Negara.


“Jadi sangatlah wajar kalau kita semua harap-harap cemas menunggu hasil ujian nasional dengan kondisi demikian, ditambah lagi madrasah kita hanya memiliki 16 guru PNS (13 diantaranya sudah besertifikat pendidik) dan 2 PNS tata usaha, sedang sisanya adalah pegawai honorer/GTT,” ujarnya. “Namun itu bukanlah jadi alasan ataupun kendala bagi kita untuk menjadi yang terbaik,” sambungnya lagi.

Bertempat di MAN Negara, Selasa (20/05/14) siang,  orang tua/wali siswa kelas XIImemenuhi undangan untuk menerima hasil kelulusan ujian nasional (UN). Terlihat suasana menegangkan dan perasaan cemas di wajah para orang tua/wali siswa saat mereka datang ke MAN Negara. Namun hal itu tidak berlangsung lama setelah mereka mengetahui hasil yang menggembirakan jika siswa-siswi MAN Negara lulus 100 persen.

“Tolong jaga anak-anak kita agar tidak melakukan konvoi di jalanan, corat-coret baju dan lain-lain untuk menjaga nama baik madrasah kita dari penilaian negatif masyarakat.” “Mari kita kerjasama saling memantau, menasehati dan  menjaga agar anak-anak kita tidak melakukan hal-hal yang negatif tersebut,” tekan Saifuddin.

Suasana bangga dan gembira semakin semarak ketika diumumkan peringkat nilai tertinggi bagi siswa-siswi peserta ujian nasional MANNegara. Satu persatu siswa yang memperoleh predikat terbaik disampaikan oleh Noorhasanah, SE, selaku guru MAN Negara, dan puncaknya salah seorang siswi MAN Negara atas nama Norkamila berhasil meraih peringkat 1 peserta UN jurusan IPS se Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk kategori Madrasah Aliyah dan berhak mendapatkan beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Prestasi ini mengulang sejarah pada ujian nasional tahun 2010 dimana siswa MAN Negara pernah memborong peringkat 1, 2 dan 3 nilai tertinggi, kemudian peringkat 1  pada tahun 2011 serta peringkat 2 pada tahun 2012. Dan sekarang tahun 2014 ini kembali mengambil tempat sebagai peringkat pertama.

“Norkamila memang anak yang pintar di madrasah kita, dia sebelumnya memperoleh nilai tertinggi di UAMBN dan menjadi juara umum di jurusan IPS, jadi bukan hal yang mengejutkan jika ia sekarang sebagai peringkat 1 ujian nasional jurusan IPS sekabupaten,” ujar Hardaniah, salah seorang guru MAN Negara.

“Dengan hasil ini, kita seyogyanya patut bersukur dan menjauhkan dari sifat membanggakan diri. Segala usaha yang telah kita perjuangkan semuanya kembali kepada kuasa Allah SWT. Alhamdulillah, Allah telah mengabulkan do’a kita semua, dan semoga akan terus demikian di masa yang akan datang,” ujar Saifuddin yang kemudian diaminkan oleh para guru serta orang tua wali siswa. (Rep/Ft: Salahuddin)
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda